Anda ingin pasang iklan pikiran rakyat tentang rokok padahal rokok itu sangat tidak bermanfaat sekali bisa menyebabkan kematian. Ada beragam cara yang biasa ditempuh dalam melanggengkan eksistensi pamor barang dagang, antara lain; Promosi, Harga yang relatif selalu terjangkau, Undian berhadiah, Garansi, dan Iklan. Sudah menjadi pengetahuan umum, beberapa produk dagang termasyhur dan terlaris di negeri ini, entah itu berupa barang maupun jasa, selalu gencar menyelenggarakan undian berhadiah. Tak kalah, iklan-iklan pun juga gencar dilakukan dan sudah merambah ke berbagai lini dari sarana informasi dan komunikasi. Produsen Rokok, yang di negeri ini merupakan produsen barang dagang terlaris dan terbanyak peminatnya, yang memiliki keuntungan milyaran bahkan trilyunan rupiah pertahunnya juga tak pernah absen untuk berpartisipasi dalam mengisi hiruk pikuk dunia periklanan di berbagai media.
Media cetak iklan jawa pos dan media elektronik besar sudah barang pasti ditumpangi iklan produk rokok. Khususnya media televisi, durasi iklan rokok di media ini sangat massiv dan konsisten dalam rangka melanggengkan pamor produk. Walupun pemerintah sudah melarang untuk merokok tetapi masyarakat tetap saja memakai rokok. Biasanya iklan rokok tidak secara spesifik menampilkan wujud rokoknya. Iklan rokok Marlboro, misalnya, terbiasa muncul dengan pria-pria penunggang kuda dan tidak satupun di antara mereka digambarkan tengah menghisap batang rokok. Tulisan yang memuat peringatan bahaya merokok biasanya diletakkan di bagian akhir iklan dan durasinya sangat singkat. Demikian singkatnya, sehingga pemirsa tidak akan mampu menyelesaikan bacaan itu dalam durasi waktu secepat itu. Pilihan kalimat “Merokok membunuhmu!” mungkin suatu pilihan rumusan yang lebih masuk akal untuk dapat dibaca lebih cepat dalam durasi kurang dari lima detik.
Iklan pikiran rakyat 2015
Iklan pikiran rakyat 2015 tentang bahaya merokok masih saja orang tetap memakai rokok padahal sudah diberitahu merokok itu sangat membahayakan sekali. Padahal banyak sekali bahaya merokok biasanya iklan rokok tidak secara spesifik menampilkan wujud rokoknya. Iklan rokok Marlboro, misalnya, terbiasa muncul dengan pria-pria penunggang kuda dan tidak satupun di antara mereka digambarkan tengah menghisap batang rokok. Tulisan yang memuat peringatan bahaya merokok biasanya diletakkan di bagian akhir iklan dan durasinya sangat singkat. Demikian singkatnya, sehingga pemirsa tidak akan mampu menyelesaikan bacaan itu dalam durasi waktu secepat itu. Pilihan kalimat “Merokok membunuhmu!” mungkin suatu pilihan rumusan yang lebih masuk akal untuk dapat dibaca lebih cepat dalam durasi kurang dari lima detik.
Merokok itu bisa menyebabkan kanker sekitar 90% kematian akibat kanker paru-paru pada pria serta 80% pada wanita. Resiko kematian karena faktor kanker paru-paru dapat 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita yang merokok dibandingkan pada mereka yang bukan tidak merokok. Gangguan pernafasan bahaya merokok dapat meningkatkan resiko kematian karena penyakit paru-paru yang kronis sampai 10 kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru-paru kronis disebabkan karena merokok. Gangguan janin Kebiasaan merokok juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin yang terdapat dalam kandungan, termasuk kemandulan, keguguran, kematian janin, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta sindrom kematian mendadak bayi. Penyakit jantung merokok dapat menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi seperti ini merupakan penumpukan zat lemak pada arteri, lemak dan plak memblok aliran darah serta dapat membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini yang dapat menyebabkan penyakit jantung.